Senin, 28 November 2011

Tafsiran Mars PLH SMA Negeri 8 Pekanbaru

Mars Pendidikan Lingkungan Hidup
Karya : Drs. Oan Hasanuddin, RO, AK, MA
Aransemen : Fauzi Ilham S.Pd






Tuhan ciptakan alam nan indah
Manusia penerima amanah
Wahana karya bernilai ibadah
Ambil manfaat jangan serakah



sudah sangat umum diketahui bahwa makhluk hidup yang tinggal di alam yang merupakan ciptaan Tuhan Yang Maha Esa. pada awal terbentuknya alam ini sangat sejuk dan dipenuhi makhluk yang hidup rukun bersama-sama. diantara makhluk hidup itu ada manusia yaitu makhluk yang diciptakan paling sempurna. dengan kesempurnaannya itu maka manusia diberi kesempatan untuk merawat, mengolah, dan mengambil hasil dari alam.



Karya agungnya teramat luhur
Semua makhluk hidup makmur
Amal berkah tumbujh subur
Jagat raya sujud syukur



dengan alam yang diciptakan Tuhan dengan banyak manfaat, semua makhluk hidup mendapat sebuah rahmat yang amat luar biasa. dunia menjadi makmur dan seluruh makhluk dijagad raya ini bersyukur atas segala yang diberikan Allah SWT.


Buma buha mata
Buka mata buka hati memelihara alam titipan Allah
Buma buha mata
Buka mata buka hati memelihara alam titipan Allah
Jagalah mata, jagalah hati
Ayunkan tangan, langkahkan kaki
Memelihara alam titipan illahi
Cermin insan khalifa fil ardhi



Untuk menjaga alam ini, semua makhluk hidup diajak untuk sadar bahwa alam ini merupakan sebuah titipan. rawat dan peliharalah alam ini dengan ikhlas, maka mereka akan benar benar merupakan umat yang pantas berada dibumi


Karena ulah tangan manusia
Darat dan laut rusak binasa
Warisan anak cucu tak tersisa 
Bencana alam dimana mana



pada zaman sekarang ini, alam tidak semakmur dulu. udara, tanah, air, semuanya sudah tercemar akibat ulah tangan manusia itu sendiri. pohon pohon ditebang dan terjadi bencana alam lainnya. padahal manusia sadar dan tahu pasti bahwa alam ini juga akan menjadi tempat tinggal dan sebagai warisan kepada anak cucu mereka kelak. tapi mereka sama sekali tidak menyisakan kemakmuran yang ada dialam ini.


Jiwa siswa SMA 8 dan Pendidikan Lingkungan Hidup
Ecological Youth Environmental Source
Siswa peduli lingkungan hidup
Cermin insan Khalifah fil-ardhi
Huuu 
fil ardhi


dengan adanya Pendidikan Lingkungan Hidup di SMA Negeri 8 Pekanbaru dapat membuat siswa siswi menjadi lebih sadar dan dapat menjaga alam dan lebih peduli terhadap alam. ditambah lagi dengan adanya club EYES yang juga turut mengajak siswa siswi untuk lebih merawat alam dan dapat menjadi contoh sebagai makhluk yang pantas dan dapat dipercaya untuk memelihara alam ini

0 komentar:

Posting Komentar